Rangkuman pengantar
bisnis
Bab 13 pemasaran: membangun hubungan pelanggan.
1.
Konsep pemasaran.
-
Orientasi pelanggan, yang artinya menemukan apa
yang disenangi konsumen dan menyediakan apa yang mereka butuhkan.
-
Orientasi jasa, yang artinya semua orang dalam
organisasi harus memiliki satu tujuan yang sama yaitu kepuasan
konsumen/pelanggan.
-
Orientasi, yang artinya disini semua orang dalam
organisasi berfokus pada produksi barang dan jasa yang akan menghasilkan
laba/keuntungan yang terbanyak.
2.
Era hubungan pelanggan.
Manajemen
hubungan pelanggan (customer relationship management) adalah proses mempelajari
sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan apa yang anda bisa lakukan
untuk memuaskan mereka bahkan melebihi harapan mereka.
3.
Faktor-faktor bauran pemasyaran:
-
Produk
(product), yang artinya harus bisa memproduksi barang dan jasa yang memuaskan
bagi mereka.
-
Harga (price), yang artinya menentukan harga
suatu produk yang telah diproduksi.
-
Tempat (place), yang artinya menempatkan suatu
produk pada suatu tempat atau daerah yang mudah dijangkau oleh konsumen.
-
Promosi (promotion), yang artinya mempromosikan
suatu barang yang telah diproduksi. Contohnya menggunakan sarana internet,
iklan , majalah, koran, dll.
4.
Strategi pemasaran organisasi nirlaba.
-
Papan produktif pengawas.
-
Memfokuskan pemasaran.
-
Misi dan strategi yang teratur.
-
Praktek perencanaan strategis.
-
Melatih dan mengembangkan relawan dalam jangka
panjang.
5.
Pasar bisnis ke bisnis.
-
Meliputi pemanufakturan seperti institusi (rumah
sakit, sekolah, dll). Pasar B2B lebih besar daripada pasar konsumen karena
barang-barang sering dijual dan dijual lagi beberapa kali dalam proses B2B
sebelum barang-barang tersebut dijual ke konsumen akhir.
-
Pasar mengimplementasikan empat P maksudnya
untuk merancang produk yang diinginkan orang-orang atau konsumen ; menentukan
harga yang kompetitif, menempatkan dilokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen,
dan memproduksikannya. Sehingga konsumen itu tau kalau produk itu ada.
- Pemindaian lingkungan adalah proses mengidentifikasi
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pemasaran. Pemasar
memperhatikan semua faktor-faktor lingkungan yang menciptakan suatu ancaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar